Home

March 20, 2015

QING DYNASTY KRAAK PORCELAIN PLATE





PIRING MOTIF KRAAK DINASTY QING
Keramik porselen lukis biru bawah glasir
1820 - 1830an, Jingdezhen, Cina
Marking perusahaan pembuat ( ? )
Diameter 18,5cm, tinggi 3,5cm
Kondisi utuh, ada beberapa cacat pembakaran / flaw

Motif pembagian bidang menjadi beberapa panel pada interior piring yang dikenal dengan motif 'kraak' mulai di eksport oleh Cina sejak Dinasty Ming periode Wanli pada akhir abad 16 untuk pangsa pasar Eropa.
Pertama oleh Portugis dan Spanyol, kemudian menjadi dominasi Belanda lewat V.O.C yang pengirimanya dari Cina dalam jumlah besar dan kontiniu ke pelabuhan di Batavia.
Dari Batavia benda dengan motif yang digemari oleh orang kulit putih ini baru di jual oleh perusahaan V,O,C ke seluruh Eropa dan Amerika.

Benda eksport untuk pangsa Eropa ini terhenti pada petengahan abad 17 ketika tejadi pergantian kekuasaan dari dinasty Ming ke Qing ( 1644 ).
Untuk memenuhi kebutuhan selera akan keramik motif 'banyak panel' ini V.O.C memesan dari Jepang.
Keramik motif 'kraak' buatan Jepang beredar hingga awal abad 18 sebelum pesanan keramik eksport ini kembali ke Cina pada Dinasty Qing periode Kangxi dan Yongzheng. Tapi apesnya masa ini tak berlangsung lama, kraak seri ke 2 buatan Cina hanya berlangsung sesaat, sebelum akhirnya berhenti karena jenuh dan berubahnya selera konsumen Eropa akan motif ini.

Seri ke 3 sebagai revival terjadi di awal abad 19, periode Daoguang, yang banyak mengulang beberapa motif klasik dari Dynasty Ming.

1 piring ini :
Zold - Jakarta