Home

March 19, 2015

VEILLEUSE FOOD WARMER









TUNGKU PENGHANGAT MAKANAN
Keramik transfer print biru dibawah glasir.
Awal atau tengah abad 19, Belanda atau Inggris.
Diameter 11 cm, Tinggi 19,5 cm.
Kondisi terpakai dan tidak lengkap, gagang handel wadah atas patah lama, ada beberapa cacat pembakaran.

Benda dengan berwujud unik ini biasa disebut '' veilleuse '', berasal dari istilah Prancis yang awalnya dipergunakan untuk menghangatkan makanan dan minuman balita pada malam hari di kamar tidur, yang kemudian meluas pemakaiannya sebagai perabot diatas meja makan orang Eropa.

Veilleuse yang tua termasuk benda langka, karena pemakaiannya hanya umum terjadi pada tahun 1750 - 1860an, setelah masa itu veilleuse jarang diproduksi lagi.
Karena bentuknya yang unik dan sangat variatif, veilleuse mempunyai kelompok kolektor khusus tersendiri.
Secara garis besar veilleuse dibagi dalam 3 bentuk berdasarkan wadah atasnya, 2 bentuk yang awal wadahnya mirip seperti panci dan mangkok / mug cangkir, bentuk yang ke-3 berkembang pemakaiannya kemudian berbentuk ceret / teko, fungsinya meluas untuk memanaskan teh.

Tungku penghangat makanan diatas tidak lengkap, hanya mempunyai 3 bagian dari seharusnya 5 bagian. 2 bagian yang kurang adalah tutup atas dan wadah seperti cangkir mini. Wadah cangkir mini gunanya untuk diisi minyak dengan sumbu apung, dan dinyalakan didalam lubang tungku.
Walau tidak lengkap, benda unik ini tetap layak karena kelangkaannya, terutama bagian tungku bawahnya, mempunyai esensi tersendiri.

Rp 400.000,-