Home

March 15, 2015

GLASS BEAKER COMMEMORATING THE CORONATION OF QUEEN WILHELMINA












GELAS KRISTAL MOTIF RATU WILHELMINA
Etsa dengan cairan kimia /  acid etching di atas kaca
1898, Belanda
Tinggi 11,5 cm, diameter 7,3 cm
Benda terpakai dengan kondisi baik dan utuh

Kaca yang diberi hiasan / diukir dengan tehnik acid etching biasanya tidak akan pudar atau menipis, karena permukaan kacanya dikikis dengan cairan kimia hydroflourosilic acid, berbeda dengan hanya diberi motif dengan cara tranfer print, yang kemungkinan akan memudar atau terkelupas sangat mungkin terjadi.

Benda gelas kristal bermotif seperti ini kalau di dapat di Indonesia identik dengan benda yang berasal dari keluarga ''keturunan / trah / ndalem'', yang jaman dulu didapat dari pemberian pemerintahan Belanda sebagai hadiah ketika berkunjung.

Penobatan putri mahkota Wilhelmina Helena Pauline Maria resmi sebagai Ratu baru terjadi di tahun 1898. Serangkaian persiapan pembentukan citra image ratu muda ini dilaksanakan dengan penuh pertimbangan ketat. Menjelang hari H, banyak terjadi perubahan untuk mencapai standar tertinggi yang ditetapkan. Satu seri perangko untuk menunjukkan wajah Putri Wilhelmina pertama kalinya setelah resmi menjadi Ratu, tak luput dari perubahan ini. Akibatnya pada hari penobatan hanya 1 buah design perangko 1 Gulden yang bisa selesai dan resmi dikeluarkan. Satu seri perangko penobatan Ratu Wilhelmina yang lainnya baru resmi beredar pada tahun berikutnya.

Gelas ini mungkin harusnya tidak termasuk dalam standart kriteria resmi image Ratu Wilhelmina. Ada beberapa hal yang diluar biasanya, seperti pose Ratu Wilhelmina yang sudah resmi lengkap dengan CROWN kerajaan Belanda, tapi beliau sendiri tidak memakai mahkota / tiara atau apapun hiasan kepala lainnya. Hal ini adalah tidak lazim, potrait Ratu yang resmi ( karena ada lingkar CROWN ) biasanya selalu memakai mahkota atau tiara. Apalagi image ini beredar diluar Belanda, adalah penting bagi negara jajahannya melihat image utuh Ratunya _ dengan mahkota maksudnya.
Kejanggalan yang kedua adalah niatan untuk memperlihatkan sosok Ratu yang lebih dewasa walaupun baru berusia 18 tahun, sedangkan pada gelas ini sosok sang Ratu masih bertatanan rambut usia remaja dengan poni turun di-dahinya, yang sebenarnya adalah gaya natural Sang Ratu beberapa saat sebelumnya. Tapi dari sisi lain gambar digelas ini berhasil memperlihatkan Ratu lebih berumur dari sebenarnya.
Dan yang ketiga adalah MONOGRAM kerajaan Ratu Wilhelmina, huruf W nya sepertinya sangat proto-tipe, jauh berbeda dengan bentuk resmi nantinya, atau ini bukan initial Monogram ?,,

Benda dengan wujud Ratu Wilhelmina seperti ini memang jarang beredar karena jumlahnya yang tidak banyak, bisa dikatakan langka. Lebih sering tersimpan dibalik kaca jadi koleksi eksklusif.
Bentuknya ada yang dari kaca, keramik ataupun kertas postcard dan akan  ada BOLA, BOLA, BOLA, BOLA !!!
Rp 1.250.000,-