Home

March 14, 2015

FRANZ BALTHAZAR SOLVYNS LES HINDOUS ENGRAVINGS



Bichnoub, 1809.
=========================================================



Kaounsy, 1809.
=========================================================



 Homme de basse condition, 1809.
======================================================

3 ORIGINAL ENGRAVING KARYA B. SOLVYNS
Dari buku Les Hindous, Tahun 1808 sampai 1812, Chez L'auteur & H. Nicole, Paris, Prancis.
Ukuran kertas 56 cm x 40 cm, ukuran plat cetakan sekitar 36 - 37 cm x 25 - 26 cm, beda ukuran sedikit-sedikit setiap gambar.
Kondisi masih baik, ada toning dan foxing ringan dan ada juga yang sudah kena makan rayap, tapi secara global masih bagus, tidak berpengaruh pada keutuhan dan kualitas gambar.

Engraving dengan plat logam tembaga ( etching ) yang diwarnai secara manual dengan tangan ini berasal buku yang menjadi pegangan dan acuan dari semua study yang mempelajari tatanan sosial, adat istiadat, profesi dan kehidupan flora fauna di India pada abad 17 - 18. Ketepatan dan kedetailan gambarnya menunjukkan observasi yang sangat lama dan mendalam dari bapak dasyat Solvyns. Dirinya dan hasil karyanya menjadi pengetahuan dan pelajaran wajib di India dan Pakistan.

Ternyata pembajakan hasil karya bukan hanya terjadi di jaman modern, sejak jaman dulu sering juga terjadi. Buku awal Solvyns dengan tema sejenis pernah terbit tahun 1796 -1799 di Calkuta, India. Tapi buku yang dianggap gagal itu kemudian dibajak oleh si Edward Orme beberapa tahun kemudian terbit di London. Tapi bagusnya orang hebat, justru karena panas dibajak itulah maka Solvyns kembali membuat engraving untuk buku Les Hindous di tahun 1808.
Banyak pembahasan dan analisa mengenai isi buku Les Hindous, bahkan ada buku yang lumayan terkenal karya Robert Hardgrave, khusus membahas buku Les Hindous dan Solvyns ditahun 2004.
Juga banyak di jual print repro untuk dicetak ulang atas karya Solvyns ini, dan kalau kita memiliki benda originalnya maka kita mempunyai royalty copyrigh untuk menjual image-nya, begitu yang biasanya terjadi atas karya seni diatas 110 tahun.
-Bichnoub  Zold.
-Kaounsy Rp 1.500.000,-
-Homme de basse condition  Zold.