Home

March 16, 2015

LES HINDOUS BALTHAZAR SOLVYNS












LES HINDOUS, OU DESCRIPTION DE LEURS MOUERS, COUTUMES ET CEREMONIES
Karya Frans Balthazar Solvyns.
Paris, Chez L'auteur, 1812.
Volume IV dari 4 volume. 56,9 cm x 42,5 cm x 5 cm.
Original binding and cover marbled paper board.
Berisi 10 halaman text pengantar, 72 gambar cetak etsa cukil (etching engraving ) warna yang diberi tambahan warna dengan tangan. Masing-masing gambar berisi halaman keterangan dalam bahasa Prancis dan Inggris.
Tulang buku cover bagian depan atas sudah pecah, kondisi cover sudah aus. Halaman judul bernoda dan sobek bagian bawah ( foto 5 ). Text pengantar noda toning. Gambar plat dan penjelasan masih baik, hanya kertas pelindung penjaga kelembapan yang sudah menguning / toning ( foto 6 ).

Sangat jarang cover dan penjilitan / binding original buku ini ada dalam kondisi baik, rata-rata rusak karena usia seperti buku ini, karena usianya sudah 2 abad lebih. Dan biasanya kalau diluar negeri akan diganti / repair cover dan binding bukunya, tapi disini agak susah untuk kita melakukannya. Kalau dikirim keluar biayanya banyak terkuras di pengiriman pulang pergi, karena volume dan berat buku ini lumayan. Tapi kadang kami lebih suka membiarkan apa adanya, walau harus sedikit lebih hati-hati ketika membacanya.

Salah satu buku yang paling banyak dibahas, punya banyak cerita dibalik perjalanan terciptanya buku ini. Untuk pencinta cetak engraving, buku ini adalah monumental, baik akurasi objeknya maupun penggarapan cetaknya yang spesial, hampir semua gambar mengandung sentuhan tangan manual.
Seni etsa pada plat logam adalah salah satu sistem cetak tua di Eropa, ditemukan pada tahun 1515. Walau tidak setua tradisi cetak cukil diatas kayu / woodblock dari Cina, tapi jauh lebih tua daripada cetak batu / lithograph yang baru ditemukan pada tahun 1796.
Kualitas garis etching sangat tajam dan halus, terhalus dan tertajam dibanding jenis cetak lainnya, apalagi kalau dibandingkan cetak offset modern. Tehnik yang menjadi dasar pembuatan gambar pada uang kertas.

Seperti kebanyakan advontulir dan penulis keilmuan jaman dulu, mereka harus mempunyai bekal keahlian menggambar dan sketsa, tidak cukup hanya ketelitian observasi dan penjelajahan saja. Buku ini menunjukkan kualitas terbaik dari Solvyns, keindahan senirupa dan kecermatan mengamati kehidupan di India pada akhir abad 18.

Zold - New Delhi