Home

March 16, 2015

TOPLES PERMEN BNSHOWJAR








# Ada 1 toples yang retak terbentur di sisi kanan bawah, tidak terlalu panjang, tapi lumayan berantakan, diberi lem supaya tidak lepas, bisa dianggap toples ini sudah pecah.
Walaupun toples ini kelihatannya tebal, tetapi sebenarnya sangat ringkih, karena pada titik tertentu tebalnya hanya sekitar 1,5mm.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
#Ada 1 toples yang sudah agak kusam, terutama sisi kanan-kirinya ada bekas gesekan sesama toples lain ( mungkin dulunya tidak di taruh di rak besi semacam ini ).
Dan 1 toples lain juga kusam di sisi atas dan kanannya, lebih disebabkan oleh flex dan jamur.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
#Ada 1 toples yang salah satu engselnya sudah dipatri, tidak terlalu signifikan.
Dan 1 toples lain yang patrinya agak terlalu berani, dititik engsel dan tangkai engsel.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
 #Ada 3 sekrup yang telah diganti.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
#Rak besi ini sebenarnya bisa untuk menaruh 9 toples, asalkan semua toples masih mempunyai kait penahan seluncur dibawah tutup toples. Telah dibuatkan 2 buah untuk pengganti yang hilang, dan ada kemungkinan beberapa adalah gantian lama. Toples yang mempunyai pengait tidak dapat diletakkan rata diatas meja, karena dapat merusak kait dan tutupnya. Memang dari awal desain toples ini hanyalah untuk diletakkan diatas rak besinya, bisa dilihat dari mekanisme buka tutup toples yang mengandalkan gravitasi kemiringan dan daya tampung toples yang hanya akan maksimal jika diletakkan pada kemiringan.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------

6 buah toples dan rak susun untuk 9 toples.
Kaca, logam campuran sejenis timah seng sari / pewter berlapis chrome dan kuningan.
Rak dari besi baja garvanis.
1920 - 1950, Jepang.
Kondisi terpakai, ada lapisan chrome yang sudah lepas dan kerusakan yang sudah disebutkan diatas.

Toples dengan nama aneh ini mungkin bermaksud memakai nama pabrik pembuatnya B(utet,,?)Nakajima SHOW JAR atau toples mejeng Bapak Nakajima, salah satu pembuat toples tidur yang ada beberapa varian. Jepang memang handal dalam seni pembuatan perabot dari kaca, dari lampu kristal sampai toples / lodong warung seiring dengan masuknya permen-permen produk Negeri Sakura ke Nusantara.
   Rak toples tidur Jepang ini juga mempunyai fleksibilitas yang lumayan tinggi,selain dapat dilipat, kemiringan rak-nya dapat disetel sesuai selera kalau kita tidak menggunakan besi penyilangnya, artinya disekrup langsung keatas kayu etalase toko ( disediakan lubangnya didasar rangka ). Juga rak ini bisa dipisah-pisah per 1 buah atau 3 tingkat lajur vertikal, atau digabung menjadi satu panjang tak terbatas, tergantung berapa banyak anda punya rak sejenis,,,
   Kalau anda orang yang suka kesempurnaan, tutup toples ini dapat dilapis lagi di bengkel chrome sepeda motor, tapi akan hilang orisinilitasnya, juga nyawanya,,malah bisa-bisa keluar asap seperti knalpot montor.
1 set toples BNSHOWJAR yang sudah usang :
Rp 14.000.000,-