Home

March 17, 2015

JAMES FORBES ENGRAVING PRINT






The MAZAGON MANGO of Bombay, with the PAPILIO BOLINA or purple-eyed butterfly.
Aquatint, dengan pewarnaan tangan diatas kertas.
Engraving dan pewarnaan oleh William Hooker berdasarkan drawing James Forbes di tahun 1768.
Cetakan 1835, Oriental Memoir, Richard Bentley, London, Publisher in Ordinary to His Majesty.
Ukuran kertas : 30,3 cm x 24 cm.
Kondisi masih baik, ada sedikit toning tipis tapi tidak menyepot.

Botanical print ini adalah salah satu seri yang terbaik dan paling prestise, karena dibuat oleh 2 orang yang terkenal dibidangnya. James Forbes penulis catatan perjalanan dan drawing selama belasan tahun tinggal di India, dan William Hooker seorang engraver dan colorist kawakan British.
Ini adalah cetakan khusus hanya berisi gambar, sebagai bagian ilustrasi khusus dari buku Oriental Memoir yang terbit tahun 1813.
Print dengan hand-colouring mempunyai keistimewaan sendiri, karena digarap secara personal untuk setiap cetakan, jadi tidak akan ada print dengan hand-colouring mempunyai kembaran yang persis sama. Milik kita kadang lebih bagus atau lebih jelek garapannya tergantung mood si colourist dan rejeki kita dapat yang mana.
Print ini masih baik karena masih original tersimpan dalam bentuk buku, tidak pernah terpajang atau diframing. Harusnya semua kertas engraving yang dipajang mesti diberi pelindung khusus ( semisal Talens water colour / gouache protecting spray ) untuk mencegah fading / pudar karena cahaya dan toning oleh kelembapan, terutama di wilayah Asia.

1 buah botanical engraving dan servis protecting spray Talens ( optional ) :
Price on request