Home

March 13, 2015

DARKIE PIPE











PIPA TEMBAKAU PRODUK ODOL DARKIE.
Terbuat dari bakelite dan logam.
Buatan Hawley & Hazer Chemical Company.
1950 - 1960, Hong Kong atau Shanghai, Cina.
10,8 cm x 4 cm x 3,7 cm.
Terpakai, topi sudah hilang, ada patina asap tembako disekitar 'muka', dan patina jigong di pangkal hisap. Beberapa bagian cat sudah memudar / hilang.

Produk odol Darkie milik Hawley & Hazer yang berdiri pada 1933 di Shanghai. Yang kemudian diambil alih oleh Colgate-Palmolive pada tahun 1985, memutuskan mengubah namanya menjadi Darlie pada tahun 1990. Produk odol yang mengundang banyak kontroversi karena nama dan tematisnya, masalah rasial. Untung Negresco Sigaren sudah tutup, kalau masih eksis mungkin sudah diminta merubah namanya menjadi Bulesco, dengan gambar orang kulit putih setengah telanjang memegang pelepah daun tembako.
Ternyata bukan hanya produknya saja, pipa bako yang diyakini kuat sebagai cendramata dari odol Darkie ( walaupun tidak ada bukti sahih ) ini-pun mengundang banyak kontroversi dan persepsi. Dianggap sebagai memorabilia Black Americana dan perang Vietnam, juga ke-simpangsiur-an asal atau tahun pembuatan.

Pipa si ireng ini mempunyai banyak variasi jenis dan ukuran, ada informasi yang mengatakan dulunya ada paket hadiah dengan beberapa pilihan pangkal hisap, dapat diganti-ganti disesuaikan dengan 'congor' masing-masing perokok. Dulunya sering ditemukan di Asia, terutama Vietnam, Thailand dan Malaysia, sesuai dengan wilayah edar odol Darkie jaman biyen. Kalaupun ada di Eropa atau Amerika, biasanya dibawa oleh mereka ketika pernah datang ke Asia.

Di Indonesia pipa seperti ini kadang masih sering nongol, karena kita mempunyai tradisi merokok yang mengakar, kalau di negara tertentu yang lebih higyenis pipa ini pastinya sudah lama dihancurkan. Masih dapat dibeli dengan harga 300 ribu sampai 800-an, tergantung pengetahuan si penjual.
Sebagai konsekwensi dari berbagi cerita di blog ini, benda ini tetap akan dijual, walaupun benda ini adalah salah satu dari koleksi  'wong ireng' kami, bagi anda yang nekat, kami beri harga super spesial,,,,,,
Rp 1.250.000,-