Home

March 14, 2015

J & MP BELL & CO GLASGOW POTTERY #2










TRANSFERWARE MOTIF KWANTUNG
Keramik earthenware motif transfer print dibawah glasir.
Marking print J & M.P.B & Co L, nama motif dengan no registrasi motif 162201 dan marking tekan kedalaman / impressed logo lonceng.
1890, Glasgow, Scotlandia, United Kingdom.
Diameter sekitar 25 cm x 4,3 cm.
Kondisi ada beberapa 'ngerambut' halus dibawah glasir dan cacat print pabrik yang biasanya sering terjadi pada piring jenis 'transferware'.

Piring Bell dengan motif yang di buat khusus untuk eksport ke kawasan Asia Tenggara termasuk sedikit jumlahnya, hanya dapat ditemukan di Indonesia, Malaysia, Birma dan sebagian kecil di negara lainnya. Dengan jumlah motif sekitar 40 smp 50an jenis yang dibuat antara tahun 1870an - 1900an, dapat mengkumpulkan semuanya secara komplit adalah impian semua kolektor piring Eropa.
Keramik Bell untuk motif Asia adalah yang terlangka, jauh lebih langka dibandingkan buatan Bell sendiri dari tahun 1800an. Apalagi yang bermarking ada huruf Arabnya pada motif 'Johore', sangat sulit didapat.

Keramik Eropa dengan motif Asia atau Oriental sebenarnya banyak, hampir semua pabrikan besar Eropa memproduksinya, tapi tidak secara spesifik mengedarkannya untuk wilayah terbatas, jadi jumlahnya sangat banyak, tersesebar diseluruh dunia. Bell sendiri juga memproduksi tipe yang seperti itu, motif oriental dengan wilayah pemasaran bebas.
Cara pemasaran keramik dengan pendekatan budaya ini tidak hanya di lakukan oleh Bell saja, satu dua pabrikan lainnya juga melakukan hal yang sama, membuat motif khusus untuk daerah tertentu dengan jumlah terbatas.

Ada 5 warna primer pada piring Bell jenis ini, merah, biru, hijau, kuning dan coklat. Keluar hanya per 1 warna, kadang kombinasi 2 warna. Warna kuning yang terjarang.
Kadang lucu dan aneh melihat tulisan nama motif pada markingnya,,,burung kupu, buah nanas, terlalu bagus, kapal basar,,, seakan-akan sudah ada huruf  'u' untuk bahasa Indonesia sebelum EYD di tahun 1890an.

Zold - NSW
For another J & MP Bell's plate : patinantik@gmail.com