Home

January 25, 2014

ENAMEL SIGN TJAP KOENTJI







PLANG ENAMEL TJAP KOENTJI
Iklan enamel 2 muka.
1930an, produk Jawa Tengah, Indonesia. Buatan Belanda atau Eropa.
33,7 cm x 13 cm.
Kondisi terpakai, dengan cacat rompal dan karat. Lapisan kilap sudah berkurang.

Enamel dalam aksara Jawa dan China, umumnya dianggap tertulis ''Tjap Kuntji'', yang mewakili produk tegel semen Cap Kunci yang masih beroprasi sampai detik ini.
Walaupun logo 'kunci' pabriknya yang sekarang berbeda dengan gambar siluet kunci yang tercetak di plang enamel ini, besar kemungkinan keduanya mewakili produk yang sama. Harusnya bukan mewakili Koentji Bier, walaupun lebih mirip bentuk kuncinya.
Plang seperti ini biasanya hanya ditemukan di sekitar Jawa Tengah, terutama di Jogjakarta, Purwokerto dan Magelang. Hal ini sesuai dengan sejarah Pabrik Tegel Cap Kunci yang dulunya berpusat di Jogjakarta dan mempunyai cabang atau pabrik di Purwokerto, Magelang dan ada juga di Jakarta. Plang yang sama juga pernah menempel di atas sudut tembok pintu masuk P. T. C. Kunci Jogjakarta, sekitar tahun 2000an, entah sekarang masih ada atau tidak (mungkin sudah pindah kerumah anda ? ).

Pabrik Tegel Cap Kunci dulunya bernama Firma Tegel Fabriek Midden Java, berdiri tahun 1927 hasil kongsi duo Belanda,L. M. Stocker dan J. G. Commane, yang pada tahun 1931 posisi Commane digantikan oleh seorang Cina Peranakan bernama Liem Ing Hwie.
Setelah kemerdekaan, masalah etnis menjadi kendala masalah kepemilikan, hal yang mewarnai pasang surutnya oprasional pabrik ini. Nama pabrik diubah menjadi Pabrik Beton dan Tegel Tjap Kuntji pada tahun 1963 oleh pemerintahan Jogjakarta, sebelum dikembalikan kepada pemiliknya yang sah pada tahun 1973. Sebuah karakteristik catatan sejarah perjalanan hidup Cina Peranakan di Indonesia.

Hasil produk pabrik ini tersebar diseluruh pulau Jawa, dari rumah kuno sampai Kraton. Sekarang, kualitasnya pun tidak berbeda jauh dengan jaman dulu, masih mempertahankan sistem dan metode yang sama persis, bahkan katanya beberapa materiar pewarna masih di import dari negeri kincir angin. Bukan barang N.O.S tapi N.O.M, New Old Manner,,,. Maka tidak mengherankan jika sekarang produknya telah tersebar ke manca negara termasuk Eropa.
Pabrikan serupa itu tidak hanya Tegel Kunci saja, ada juga pabrikan lain bernama Tegel Bintang, atau Diamond, juga di Jogjakarta, masih mempunyai puluhan desain kuno sejak jaman dulu yang dapat kita pilih dan dibuatkan.

Plang iklan sederhana ini yang se-tipe dan mempunyai format yang sama, tapi mewakili produk yang berbeda, sejauh yang kami tahu ada 3 jenis. Yang Tjap Koentji, D.P.M dan satu lagi ada gambar naganya, lupa mewakili produk apa. Yang gambar naga lebih jarang tentunya.
Zold-Semarang