Home

January 27, 2014

CHINESE TORQUOISE FOO DOGS










KILIN BIRU TORQUOISE
Tembikar keramik warna dibawah glasir.
1920an, Shiwan, Cina.
T 20,5 cm x L 8,5cm.
Kondisi terpakai, ada luka / chips lama di salah satu kilin.

Di eksport dari Cina ke Asia dan Eropa pada awal abad 20, kilin yang mempunyai warna biru menyala ini sangat populer sekarang. Dulu sering di dapat di rumah-rumah peranakan sebagai hiasan di meja altar, kini di Eropa benda lucu ini diburu sebagai pajangan untuk rumah modern, karena warnanya yang nge-pop memang  cocok sebagai aksen dekorasi post-modern. Kesan Oriental, tapi fungky.

Tidak mengherankan kalau benda ini kemudian menjadi salah satu benda yang paling banyak reproduksinya di Eropa dan Amerika. Agak susah2 gampang membedakannya, kadang sangat terlihat yang buatan repro karena tidak / kurang detail pada untaian bulu dan kelopak matanya, tapi ada juga repro yang detail, bahkan ada retak seribu dan marking nomernya. Tapi kalau kita dapatkan benda seperti ini di Indonesia atau Asia Tenggara, hampir dapat dipastikan kemungkinan besar benda ini adalah yang original.

Lucunya, dulu benda ini dikalangan antik kita masih dianggap benda kurang bagus atau STW, karena warnanya yang ngejreng, ada garis sambung cetakan dan marking angka Romawi ( dulu dianggap aneh / belum tua kalau ada benda Cina tapi ada nomer Romawi ). Sering marking angka itu kemudian di hapus dengan cara dikerok, seperti yang terjadi pada kilin yang diatas ini ( menghapusnya tidak bersih, masih ada sedikit sisa marking marking huruf Cina-nya, angka Romawinya sudah terkikis semua ).

Kilin betina yang kiri menggenggam anak kilin kecil, yang kanan pejantan memegang bola.
Sepasang Kilin biru torquoise / toska ini :
Zold-Jakarta