Home

February 22, 2014

DRESDEN DECORATIVE PLATES








2 BUAH PIRING HIAS KRAWANGAN EROPA
Keramik polychrome tranfer print di atas glasir
1920 - 1950, Dresden, Jerman
Marking gambar singa '' Coat of Arm ", Dresden, biasanya ini logo dari Schumann ( ? )
Diameter sekitar 19 cm x 2,5 cm
Kondisi baik dan utuh, pada salah satu piring ada cacat pembuatan berupa garis lekukan dan gambar yang tidak bulat sempurna

Hampir dapat di pastikan semua piring kerawangan awal abad 20 adalah transfer print, baik Eropa atau Jepang, jarang ada yang lukis tangan langsung.
Tapi transfer print juga sangat indah dan halus pembuatannya, tidak kalah dengan lukis tangan. Bedanya hanya tidak bisa se-spesial dan manusiawi kerjaan langsung yang dilukis dengan tangan.

Lekukan bentuk dan bolongan krawangan Eropa berbeda dengan yang buatan Jepang, seperti piring ini misalnya, jarang ada yang buatan Jepang keluar dengan 'pola bolongan' krawangan ini.
Motif krawangan reticulated yang sering keluar pada piring Eropa, mengharuskan hiasan gambarnya di-isi sampai pinggir piring, sedangkan gambar krawangan Jepang lebih fokus pada bagian tengah piring saja, pinggirnya lebih untuk mengekspos motif bolongnya. Maka kadang tampa perlu melihat marking kita bisa menebak piring krawangan buatan mana piring tersebut, hanya berdasarkan bentuk bolong dan cara penggarapan motif hiasannya menyebar sampai pinggir atau tidak.
Penilaian ini hanyalah untuk sebuah kecendrungan, karena kalau sudah bicara dalam wilayah barang antik, tak ada satu hal pun yang mutlak, penyimpangan sangat sering terjadi pada benda - benda antik, walaupun tidak sebanyak penyimpangan pada manusia, kadang manusia bisa jauh lebih antik.

Ke-2 piring
Zold-Semarang