Home

March 21, 2014

FRENCH RISQUE NUDE REAL PHOTO BY SAPI II







2 FOTO POLOSAN DARI SAPI
1910 - 1920an, Real foto, produksi SAPI, Paris, Prancis.
Marking SAPI seri 2435 dan SAPI seri 335
13,7 cm x 9 cm.
Kondisi relatif baik, salah satunya ada ada bekas lipatan, lecet dan toning penuaan.
Pada foto ke 2 ada tusir warna / tinted minimalis sedikit pada pipi, asli originalnya.

Tidak semua foto erotic / risque punya kualitas koleksi yang sama, biasanya ditentukan oleh tipe / tematis objeknya (seperti kabaret, Afrika atau Asia dll), juga nama pembuat dan proses penggarapan ( tinted cenderung lebih disukai, walau kembali pada faktor awal tadi ).
Tapi diatas itu semua, karena foto - foto seperti ini mengenai keindahan, tentu saja penilaian terpenting jatuh pada estetika foto itu sendiri, seperti misal pada foto ke satu, keindahan wajah, tubuh, keluguan, komposisi dan pencahayaannya memberi kesan lebih "dalam" dari pada foto ke dua. Maka sangat beralasan kalau foto # 1 relatif lebih bernilai dari pada foto # 2, walaupun foto # 2 lebih awal / tua usianya ( dilihat dari 'aging' dan nomor serinya ).

Pada foto nudis seperti ini juga mengandung unsur sejarah evolusi tubuh wanita. Pada lukisan jaman Renaissance terlihat tubuh wanitanya jauh lebih berisi, tulang pinggul sangat besar. Pada foto nudis awal abad 20 ini masih terlihat tubuh wanitanya kebanyakan cenderung masih 'sekel' dan berisi, walau tidak sebesar pada jaman Renaissance. Bandingkan dengan tubuh wanita modern sekarang, agak terlihat pergeseran bentuk dan volumenya, jauh lebih ramping sekarang. Harus di ingat bahwa patokan pembanding bentuk tubuh ini diambil dari mereka yang paling ideal di jamannya, karena mereka adalah model pilihan, jangan bandingkan dengan tetangga anda.

Kecendrungan pergeseran evolusi bentuk tubuh wanita dulu dan sekarang banyak disebabkan oleh pola pikir tentang masalah reproduksi keturunan. Tubuh wanita dengan pinggul besar memberi jaminan pada kuantitas dan kualitas anak, suka banyak anak pada masa itu dan harus kuat tampa banyak bantuan medis. Ketika konsep itu perlahan mulai tak berlaku, tubuh wanitanya ikut perlahan berubah, sesuai dengan teori bapak Darwin.

2 foto penggalan sejarah teori Darwin :
Zold-Surabaya