Home

March 7, 2014

JAPANESE TRANSFERWARE DISH








PIRING TRANSFERPRINT JEPANG
Keramik dengan transfer printing dibawah glasir.
Marking kedalaman / impressed huruf kanji 'Tokuyama'.
Periode Meiji 1868 - 1912, Arita, Jepang.
Diameter 27,5 cm x 3,5 cm.
Kondisi masih utuh semua, ada tanda-tanda pemakaian dengan goresan-goresan halus diatas glasir bagian tengah piring, akan terdeteksi kalau dibiaskan dengan cahaya keras / highlight.

Piring biru putih ini motifnya lumayan spesial dengan 3 jenis unggas alam realitas ( angsa, bangau, merak ) dan 1 jenis burung alam imajinasi ( burung keramat Phoenix ) dibagian tengahnya.

Tehnik transfer print untuk pembuatan motifnya sangat sederhana, motif dibuat diatas plat logam tembaga dengan cara digores / dicukil, sama seperti membuat etsa pada engraving, perbedaannya engraving lebih bermain dengan tipis tebal goresan untuk efek dimensi, sedangkan disini lebih mengutamakan kedalaman goresan saja. Karena di kedalaman goresan plat ini akan diisi pewarna keramik, yang kemudian di cetak diatas kertas penampung. Selanjutnya motif yang menempel dikertas ditransfer atau ditanamkan ke keramik yang baru dibakar setengah matang. Pada pembakaran berikutnya keramik yg sudah bermotif ditutup dengan glasir, dan baru keluar warna birunya / bentuk motifnya dalam pembakaran kedua ini. Sederhana, tapi sangat 'ribet' untuk ukuran sekarang.
Zold-Surabaya