Home

November 19, 2013

FAMILLIE ROSE QING GUANGXU BOTTLE VASE













Vas keramik famili ros gambar bunga dan burung.
Porselen lukis tangan dasaran putih, dengan merah dan hitam dibawah glasir dan warna-warni enamel polychrome diatas glasir.
Ching / Qing dinasti, periode Guangxu ( 1875 - 1908 ).
Pada syair kadang dapat diketahui tahun tepatnya penciptaan keramik ini, sayang kami tidak mampu menterjemahkannya. Mungkin anda bisa ?.
Tinggi 15cm, diameter 9,1cm.
Bermarking " Da Qing Guangxu nian zhi" dalam aksara Cina warna merah dibawah glasir.
Kondisi hampir utuh sempurna, sedikit aus dan baret pada enamel warna hijau hanya terlihat dengan kaca pembesar.

Ukuran vas ini memang kecil alias minimalis, selaras dengan bentuknya yang simpel juga, lurus dan bulat. Lukisannya juga tidak hanya sekedar mengisi atau menghias penuh semata, tapi penuh dengan pertimbangan komposisi, berintraksi secara dinamis dengan liuk lekuk badan vas ini, sehingga setiap sisi memberikan dimensi dan imajinasi yang kaya, ciri dari sebuah karya seni yang baik, mempunyai dimensi dan perspektif lain dari apa yang terlihat kasat mata.
Vas ini walaupun terlihat simpel tadi, tapi mempunyai penggarapan yang sangat detail, konsistensi dari bentuknya yang kecil. Jadi tidaklah benar kalau ada pendapat bahwa yang besar selalu "lebih" dari pada yang kecil, karena yang kecil satu ini penggarapannya hanya bisa dilakukan oleh orang yang mempunyai kecermatan ekstra. Untuk yang besar, anda hanya perlu ke Mak Erot.
Vas untuk setangkai bunga lotus atau mawar ini :
Zold-Jogja