Home

November 11, 2013

ART DECO JUG AND BASIN SET
















Baskom dan picer keramik motif Art Deco.
Keramik tembikar bakaran tinggi / earthenware.
Tahun 1910 - 1930, Austria atau Chekoslovakia.
Baskom : Tinggi 12,8cm, diameter 38cm.
Picer atau jug : Tinggi 29cm, diameter bawah 17cm, titik terjauh moncong ke handel 24,5cm.
Tidak ada marking, hanya ada huruf '' BERN'' dan No seri 734.
Kondisi sangat baik, pada jug hanya ada 1 chip kecil dan 2 aus gesek (lecet), sangat minim.
Pada bibir mangkok baskom ada 3 titik sangga ketika pembakaran, bukan cacat. Cacatnya hanya ada 1 garis gesek ( lecet ), juga sangat minim.
Secara keseluruhan masih dalam kondisi 95% ke atas, tapi bukan itu yang membuatnya baik, selain warnanya yang seperti gading, juga glasirnya benar-benar masih kincrong. Tadinya sempat terfikir benda ini tak pernah terpakai, tp ternyata di dasar jug ada endapan kapur ( sudah dibersihkan ), ini berarti benda ini dulunya sering dipakai, sekarang masih dalam kondisi sebaik ini tentunya adalah gabungan antara ketelatenan orang dulu merawat 'barang'-nya dan kualitas si benda itu sendiri. 2 hal yang jarang di temukan lagi di jaman modern sekarang.

Kalimat BERN hanya menunjukan jenis bentuk jug tradisi Chekoslavakia / Austria, seperti Jerman dengan mug bir STEIN nya, bukan nama perusahaan pembuat. Tahun diperkirakan berdasar motif Art Deco-nya, dimana masih kental sensasi Art Nouveau-nya. Di penghujung tahun 30an ke atas, Art Deco pada keramik Bohemian cenderung lebih berwarna-warni menyala dan sudah tidak terasa bau Art Nouveau-nya.

Karena alasan tadi di atas, proto-tipe wastafel ini masih cocok-cocok aja di gabungkan dengan furniture Art Nouveau semarangan, ditaruh dikamar tidur, untuk cuci-cuci sehabis 'berkegiatan'..
Kedua benda diatas, tampa benda pendukung lainnya :
Zold-Bogor