Home

December 16, 2016

PIRING SERIMPI II











3 PIRING KECIL PENARI SRIMPI
Keramik porselen dengan print diatas glasir
1950 - 1960, piring buatan Cina, gambar buatan Jawa Tengah
1 buah marking 'Wajang', 2 buah marking 'GRD / Garuda', kemungkinan nama perusahaan pembuat gambar / motifnya
Diameter sekitar 13 cm x 1,5 cm
Benda terpakai yang masih baik

Piring dengan motif penari Serimpi ini dibuat berdasarkan ilustrasi buatan Tyra Kleen, seorang seniman ilustrasi dan pelukis kebangsaan Swedia.
Yang menetap di Indonesia ( Jawa dan Bali ) pada masa Hindia Belanda antara tahun 1919 hingga 1921. Kecintaan dan  pemahamannya pada budaya Jawa dan Bali membuat ilustrasinya menjadi bagian penting dalam catatan Etnografi ke-dua budaya tersebut.
Beliau adalah orang asing pertama yang diperbolehkan melihat tarian upacara sakral Bali yang di hadiri para Pedande Agung, menunjukkan intensitas dan kepiawaiannya melebur dalam budaya setempat.

Ilustrasi yang termuat dalam semacam portfolio / buku catatan terbitan 1925 berjudul Het Serimpi Boek. Berisi 20 ilustrasi berwarna dan 12 gambar halftone / hitam putih dengan 30 halaman teks tentang penari Serimpi dan Bedoyo dari Kraton Soerakarta.

Karena sensitifitas gambar yang dicetak diatas glasir, rasanya piring dengan tema seperti ini tidak dipergunakan dalam keseharian. Lebih berfungsi sebagai piring hias, di jejer didalam etalase lemari kaca, menunjukkan jati diri dan filosofi orang Jawa yang termuat dalam tarian sakral Serimpi.

3 piring hias kecil ini :
Zold - Jogja

No comments:

Post a Comment