Home

December 25, 2016

CONTINENTAL TYRES ENAMEL SIGN












IKLAN ENAMEL 2 MUKA ' CONTINENTAL BANDEN '
Porselen enamel 5 warna stencil di atas besi
1920 - 1930, Neu-isenburg, Frankfurt, Jerman
60 cm x 40 cm, kupingan 5cm x 40 cm
Ada karat, noda, cuil, lecet dan bagian enamel yg sompal, kondisi sekitar 80 % dari total keutuhan. Warna dan kilap masih sangat baik.

Perusahaan pembuat ban pertama di Jerman, yang didrikan di Hanover pada tahun 1871. Berbentuk badan usaha dari beberapa saham gabungan ( Joint Stock Company ), bernama lengkap Continental Caoutchouc & Gutta Percha Compagnie yang disingkat menjadi C.C. & G.P.Co, dengan lambang maskot berbentuk ' Kuda Jingkrak '

Bentuk iklan dari Cotinental yang menampilkan ilustrasi 'tangan kekar' mengangkat ban telah digunakan sejak 1910an, di-era ini media promosi Continental masih kebanyakan dari kertas dan plat seng cetak embos.
Media enamel mulai dipergunakan kemungkinan sejak tahun 1920an ke atas, dengan ilustrasi 'tangan' ini atau hanya polos dengan nama Continental dan logo 'kuda jingkrat C.C.&G.P.Co. Era sebelum 1930 ini dikenal sebagai Continental Gutta.

Pada tahun 1930 - 1950an, perubahan tampilan iklan dapat terlihat pada tipografi Continental yang mulai mengarah pada tulisan bentuk 'trademark' berupa komposisi huruf C yang seakan-akan mencaplok huruf O, yang memberi ilusi simbol roda / ban.
Begitu juga logo 'kuda jingkrak' tidak lagi di temani huruf C.C,&G.P.Co, tetapi diganti tulisan Continental, karena pada tahun 1929 perusahaan ini telah merger dengan perusahaan lain dan berganti nama menjadi Continental Gummi Werke AG. Era sesudah 1930 ini biasa di sebut Continental Werke.

Beberapa iklan enamel yang diciptakan khusus untuk konsumen didaerah Hindia Belanda / Ned. Indie bisa dikatakan spesial dan langka, karena tidak akan beredar di daerah lain bahkan di negara asal si produk itu sendiri. Iklan Continental ini adalah salah satunya.

Dengan warna primer yang menarik, seperti umumnya enamel Automobilia , enamel ini pernah di'pinjam' image-nya oleh salah seorang kawan untuk ditampilkan pada halaman situs miliknya.
Menggunakan bahasa Inggris dan Belanda. Banden / ban untuk jenis produknya, sedangkan Stock mungkin menjelaskan posisi sebagai agen / tempat penumpukan, atau mungkin juga sebagai penjelasan untuk bentuk perusahaan Continental sebagai ' Joint Stock Company' (?), mungkin Anda lebih tahu atau mempunyai kesimpulan sendiri.

1 buah enamel :
Zold - Malang

No comments:

Post a Comment