Home

December 29, 2016

GEORG HALLER ENAMEL KEROSENE STOVE FOR 'TOKO REISS'

















KOMPOR ENAMEL 2 SUMBU ROSMARIN ' TOKO REISS '
Porselen enamel dan cor besi
1910 - 1930an, Ottensen, Hamburg, Jerman
Buatan Georg Haller Co Jerman untuk Toko Reiss Ned. Indie
Diameter sekitar 24 cm, tinggi 23 cm
Ada karat dan sedikit-sedikit lapisan enamel yang lepas. Lapisan penutup pintu kompor yang biasanya terbuat dari plat besi telah di ganti mika transparan. Relatif masih baik, berfungsi dan utuh, bisa dikatakan N.O.S karena kompor ini belum pernah terpakai, hanya tersimpan dan sedikit berkarat karena proses perjalanan waktu.

Walau tampa nama pembuat, kompor dengan desain bentuk seperti ini adalah identik sebagai buatan Georg Haller Co, sebuah perusahaan Jerman yang terkenal dalam bidang pembuatan kompor dan pemanas sejak akhir abad 19 hingga pertengahan abad 20.

Rosmarin yang dalam bahasa Jerman adalah tanaman Rosemary, sejenis tumbuhan herbal dan wangi-wangian.
Seri kompor Rosmarin ini dibuat secara eksklusif hanya untuk Toko Reiss yang memasarkannya di kawasan Hindia Belanda. Menyebabkan kompor ini mempunyai makna yang berbeda dengan kompor Haller umumnya, terutama untuk kita di Indonesia.

Mengenai Toko Reiss, besar kemungkinan nama ini adalah bagian usaha dari N.V REISS & Co, sebuah penyalur barang niaga yang berpusat di Batavia dan mempunyai cabang di banyak kota besar, seperti Bandung, Semarang, Denpasar, Makassar, Menado dan lain-lain.

1 buah kompor ranum ini :
Zold - Jakarta

No comments:

Post a Comment