Home

October 16, 2016

IMPERIAL HOTEL, TOKYO, JAPAN POSTCARD





KARTU POS HOTEL IMPERIAL JEPANG
Tricolor process print
Divided back
Unused
1930, Jepang
9 cm x 14 cm
Relatif masih baik

Sesuai namanya, Imperial Hotel dimiliki oleh sebagian kaum Aristokrat kerajaan Jepang.
Imperial Hotel pertama dibangun tahun 1890 oleh arsitek Yuzuru Watanabe, yang kemudian musnah terbakar pada 1922, ketika proses pembangunan Imperial Hotel ke 2 sedang berlangsung.

Imperial Hotel postcard di atas adalah yang ke 2, di bangun pada 1922 oleh arsitek Amerika legendaris Frank Lloyd Wright, terinspirasi oleh bangunan piramida Inca Maya.
Hotel ini adalah yang paling populer dan di-ingat, selain karena arsiteknya, juga kejadian selamatnya hotel ini dari 2 buah gempa besar di Tokyo pada 1922 dan 1923.

Selamatnya hotel ini dari gempa bumi Great Kanto 1923 yang hanya menyisakan segelintir bangunan di Tokyo menjadikannya fenomenal, walau sedikit berlebihan, karena pada kenyataanya beberapa bagian hotel ini juga tetap hancur. Diduga faktor berdirinya bangunan ini di atas lumpur tanah liat turut memberi andil besar mengurangi gempuran gempa.

Namun faktor tanah juga yang kemudian menghancurkan hotel ini, di tahun 1967, anjroknya permukaan karena sifat tanah yang labil membuat sebagian gedung ini tenggelam lebih dari 1 meter. Hingga faktor ini turut menyumbang keputusan menghancurkannya di 1967. Sebagian bekas bangunan hotel ini kemudian direkonstruksi kembali di Meiji-Mura Museum sebagai bangunan bersejarah.
Imperial Hotel baru yang di buka pada 1969 masih beroperasi hingga saat ini.

Foto-foto atau postcard yang berhubungan dengan hotel ini memiliki daya tarik tersendiri bagi beberapa kalangan, semua karena nama besar Frank Lloyd Wright,,,

Zold - Jakarta