Home

October 6, 2016

BALINESE NGABEN POSTCARD







KARTU POS NGABEN BALI
Real photo postcard
Divided back
Unused
Gevaert, 1930 - 1950an
14 cm x 9 cm
Ada lecet sedikit-sedikit, relatif masih sangat baik

Kartu pos yg dicetak di atas kertas foto 'beneran' / real photo ini termasuk jenis poscard yang di buat secara lebih individual, tampa mewakili suatu korporasi tertentu sebagai pembuat / pengedar postcard tsb.
Nama Gevaert, K Ltd, Ferrania, Agfa, Leonar dan beberapa nama lainnya hanyalah mewakili merk kertas foto postcard itu di cetak. Tren ini timbul sejak perempat awal abad 20 hingga berakhir sekitar tahun 1960an.

Postcard seperti ini biasanya di buat oleh fotographer 'amatir' atau individu pribadi lainnya, mereka kemudian mencetak foto mereka diatas kertas film yang telah tersedia cetakan format postcard pada bagian belakangnya.
Untuk mereka yang ingin berbisnis secara 'home industri' kemudian mencetak foto mereka dalam jumlah tertentu, dan memasarkan pada toko-toko atau kios dikota mereka, terutama di tempat yang menjadi obyek pariwisata.

Jumlah copy cetakan postcard jenis ini tentunya tidak sebanyak jenis yang di cetak oleh perusahaan khusus postcard, tapi dalam jumlah variasi keragaman post card tipe ini kemungkinan sangatlah banyak, semua orang bisa membuat postcardnya sendiri pada masa itu.
Jumlah yang di cetak sangat sedikit biasa di temukan pada postcard dengan objek keluarga pribadi atau yang sangat personal, seperti wajah kekasih, untuk sendiri, hanya minta di cetak di atas kertas foto postcard di studio foto pemotretan.

Pengertian photografer 'amatir' disini bukanlah merujuk pada hasil / kualitas fotonya, ini lebih pada 'amatir' dalam sudut pandang bisnis postcard. Fotographernya kadang adalah fotographer seniman, advonturir atau fotographer studio lokal. Beberapa postcard jenis ini di buat dengan sangat serius, mereka juga membawa backdrop atau layar ke lokasi pemotretan layaknya para fotographer profesional untuk postcard. Banyak dijumpai yang memiliki kualitas foto mumpuni, baik secara tehnis maupun artistik.

Foto postcard di atas memperlihatkan penggalan peristiwa dalam persiapan upacara kremasi Ngaben di salah satu desa Bali.
Suatu sudut pandang dengan suasana atmosfer yang jarang kita jumpai lagi saat ini.

Rp 225.000,- / IDR