Home

December 8, 2015

JACOBSON VAN DEN BERG & CO



















BUKU KATALOG JACOBSON VAN DEN BERG & Co
1933, bahasa Belanda.
Hardcover canvas, 21,5 cm x 30 cm, 192 halaman.
Plat printing diatas 2 jenis kertas tebal dengan watermark ' Hammermill Posting' dan ' Registra Normaal 3'.
Bagian belakang ada gerepes pada cover dan 10 lembar kertas terakhir di bagian bawahnya, sempat dibaca tikus rupanya.

Buku yang berisi daftar jenis dan harga barang dalam bidang peralatan kantor / tulis menulis ( stationery ), kertas percetakan dan alat lukis. Keluaran salah satu importir besar Belanda, Jacobson VDB & Co, yang terkenal dengan gedung Toko Merah-nya. Didalamnya mewakili  produk-produk terbaik dibidangnya dari manca negara.

Hasil pengerjaan plat yang baik dan kertas berkualitas menghasilkan cetakan yang sempurna, beberapa gambar nyaris sedetail cetakan etsa, sangat tipis garisnya, hanya sedikit yang menggunakan  raster. Printing ini juga menghasilkan tekstur yg terasa kalau diraba pada huruf dan gambarnya, terlihat pressing plat-nya pada cahaya miring.
Tidak semua halaman bergambar, ada sekitar 70-an halaman berisi gambar, bervariasi besar dan kecilnya, lainnya adalah halaman berisi daftar jenis, tabel ukuran dan harga barang.

Tidak disangka sedemikian komplitnya cat dan media lukis keluaran Talens pada jaman itu, menandakan betapa tingginya antusias masyarakat pada kesenian, entah pribumi atau wong Londo, mungkin pesanannya Walter Spies.
Buku dengan kualitas cetak sekelas Jacobson VDB & Co beserta kelangkaannya :
Rp 850.000,-