Home

November 25, 2015

TWO SIMILAR CHINESE HONGXIAN FAMILLE ROSE BALUSTER VASES















2 VAS FAMILLE ROSE HONGXIAN
Keramik porselen lukis polychrome enamel diatas glasir
Era Republik 1915 - 1949, Jingdezhen, Cina
Marking 4 karakter Hongxian Nian Zhi ( 1915 - 1916 )
13,5cm x 12,5cm, Tinggi 28,3cm
Benda terpakai yang masih baik

Salah satu periode keramik era Republik yang terbaik dan di cari.
Marking Hongxian juga mengandung banyak perdebatan dan kontroversi, tercipta pada masa Yuan Shikai mengangkat dirinya sebagai kaisar Cina pada tanggal 12 Desember 1915 dan berakhir pada 22 Maret 1916, masa kekaisaran yang berlangsung hanya 83 hari.

Dalam masa 83 hari itu seperti umumnya kekaisaran di Cina, di buatkan berbagai jenis keramik terbaik untuk memperlihatkan keagungan dan pengokohan status kekaisaran. Yuan Shikai memesan keramik kerajaannya dari Jingdezhen, salah satu penghasil keramik terbaik di Cina.

Tidak semua keramik yang menyandang marking Hongxian pasti dibuat pada tahun 1915 - 1916, beberapa pendapat simpang siur menyatakan banyak sisa bahan keramik kekaisaran yang belum terpakai setelah keruntuhan Yuan Shikai dimanfaatkan lagi oleh pengrajin keramik Jingdezhen bertahun-tahun kemudian, Dan penggunaan marking Hongxian lebih bersifat selebrasi untuk mengenang salah satu kekaisaran tersingkat di Cina.

Keramik Jingdezhen umumnya dapat dipastikan mempunyai kualitas bahan dan pembakaran yang sangat baik, juga seniman penghias lukisan keramik di era Republik banyak yang mempunyai kecakapan yang mumpuni. Penilaian keindahan dan kualitas keramik Hongxian / Repubrik banyak ditentukan oleh faktor diatas, kadang penilaian ini bisa sangat subyektif.

2 vas keramik ini :
Zold - Makassar