Home

July 3, 2018

KOMIK TARZAN VS BATMAN












2 JILID KOMIK HADRIAN VS BATMAN
Karya Hadrian aka Lie Oen Leng / Eng (pd komik Medan)
Dari tokoh fiksi Tarzan ciptaan Edgar Rice Burroughs
Terbitan U.P. Maranatha, Bandung
Cetakan pertama (C1) 1972
13,5 cm x 18 cm
Total 120 halaman - Tammat
Komik ex-koleksi, ada stempel agen / toko penjual
Ada noda, lecet, geripis dan sobek sedikit-sedikit, masih sangat baik

Hadrian adalah salah satu komikus yang mempunyai kemampuan tehnis visual mumpuni.
Sudut pandangnya fotographis dan terlihat kecintaan-nya pada bentuk biomorphis seperti anatomi tubuh, binatang dan tumbuhan, menutupi kelemahannya dalam hal ekspresi.

Komik cetakan pertama seperti ini pada masanya diterbitkan satu persatu, tidak sekaligus tamat / komplit tersedia dalam satu tempat menunggu untuk dibeli. Terlihat pada izin penerbitan dengan nomor dan tanggal yang berbeda-beda antara jilid satu dengan jilid yang lain.

Dan pada buku komik diatas walau berasal dari satu pemilik awal yang sama, mempunyai stempel toko penjual yang berbeda-beda, menunjukkan antusias pemilik sebelumnya yang menunggu penerbitan komik ini satu demi satu (kebetulan dibeli di toko yang berbeda-beda).

Bayangkan betapa sabar dan telatennya pembaca komik setia pada waktu itu jika jumlah jilidnya hingga belasan buah, waktu penantian tentu bisa berbulan-bulan untuk membaca jilid terakhirnya.

Hal yang berbeda jika seluruh jilid telah diterbitkan, penerbitan berikutnya tentu berbentuk bundelan komplit sekaligus, pembaca komik yang ketinggalan / kehabisan cetakan awal tidak butuh penantian & antusiasme seperti yang diawal tadi.

Inilah yang memberikan perbedaan kesenjangan status antara cetakan 1 dengan cetakan bundel berikutnya. Selain kelangkaan, ada nilai emosional, kebanggaan memiliki benda ter-awal dan tentu saja kualitas cetak selalu terbaik / tertajam pada periode awal, masih fresh gituuu loh,,,

2 buku komik :
Zold - Surabaja

1 comment:

  1. apakah ada yg tau dimana bpk Hardian skarang

    ReplyDelete