Home

July 10, 2018

KOMIK SUPERHERO BINTANG PUTIH
















2 JILID KOMIK BINTANG PUTIH
Karya Gani Indrawan
Tebitan ? ? , Jakarta
Cetakan pertama 1973
13,5 cm x 17,5 cm
Jilid 1 & 2 - Tammat
Masing-masing jilid 62 halaman
- Cover jilid 1 ada sobek yang ditambal dengan hasil scan di 3 titik / sudut
- Pada semua cover ada warna yang menembus dari coretan spidol nama pemilik di-sisi dalam
- Ada noda, lecek, geripis dan sobek sedikit-sedikit

Bintang Putih aka Djohan Waguna adalah tokoh superhero ciptaan Gani Indrawan, komikus yang sama pencipta tokoh Kapten Meteor.

Komik seperti ini dikoleksi kadang tidak menempatkan kualitas (isi cerita + gambar) sebagai pertimbangan utama, tetapi lebih didasari oleh pertimbangan kuantitas / kelangkaan-nya.
Umumnya diciptakan oleh komikus alternatif / independent diluar dari kalangan komikus popular / mainstream dan hanya diterbitkan oleh penerbit kecil yang mempunyai ruang distribusi pada segmen terbatas.
Hal ini tentu berdampak pada jumlah cetak yang lebih sedikit, dan sangat jarang menemukan jenis komik seperti ini mengalami cetak ulang atau edisi bundel selain cetakan pertamanya.

Selain eleminasi oleh waktu, konsumen / pemilik komik juga sedikit banyak menentukan dalam pengurangan jumlah suatu buku komik. Komik yang popular dan dianggap berkualitas akan lebih disayang dan disimpan hati-hati, sebaliknya dengan yang tidak popular tentu lebih mudah terabaikan sia-sia musnah terbuang.

Sampai pada suatu saat / kondisi tertentu, perioritas kualitas akan dapat tersaingi oleh rasa unik yang timbul dari fakta minimnya kuantitas / kelangkaan. Kondisi 'kelangkaan' menciptakan suatu psikologi unik dalam otak manusia, hal yang dekat terhubungkan dengan faktor ego, kebanggaan dan kemenangan atas memiliki sesuatu yang tidak mudah dimiliki orang lain. Ego adalah prilaku instingtif yang alamiah dan purba pada semua manusia, sama purba-nya dengan naluri berkembang biak.

,,terlalu jauh,,,,kembali ke komik.,,
Komik ini kemungkinan adalah edisi perdana sekaligus satu-satunya judul dari Bintang Putih, masih terbuka kemungkinan adanya karya Gani Indrawan yang lain selain Kapten Meteor & Bintang Putih, terhambat oleh minimnya pengetahuan kami,,

2 buku komik :
Zold - Lubuk Linggau


No comments:

Post a Comment