Home

July 18, 2017

PRESIDENT SOEKARNO IN BEIJING CHINA






























80 FOTO DOKUMENTASI ROMBONGAN PRESIDEN SOEKARNO KE CINA
Foto gelatin silver print / foto asli, 1956
Kertas foto tekstur dan kertas glossy merk 'Adox' Jerman
Ukuran foto 3R tanggung, sekitar 8,5 cm x 11,8 cm
Kondisi relatif masih sangat baik

Hasil jepretan dari salah satu fotografer / wartawan yang ikut dalam rombongan lawatan Presiden Soekarno ke Beijing pada tanggal 30 September 1956. ( maaf, tidak dapat mengenali nama beliau )

Foto dokumentasi ini selain untuk penugasan juga untuk pribadi, sebagai kenang-kenangan perjalanan.
Dalam 80 foto hanya terdapat beberapa yang memuat sosok Presiden Soekarno, lainnya berupa foto situasi kemeriahan penyambutan, dokumentasi kota, acara / perjamuan, plesiran si wartawan hingga penginapan dan foto pesawat yang ditumpangi.

Terlihat besarnya penghormatan untuk Presiden karismatik ini, ratusan ribu rakyat Cina dari segala golongan menyambutnya di Airport Beijing, juga dalam kunjungannya di kota Shanghai. Mereka banyak yang meneriakkan kata dalam bahasa Indonesia ' Merdeka ! Soekarno ''.

Tidak banyak dokumentasi yang dipublikasikan menggambarkan rinci perjalanan President Soekarno ketika mengunjungi negara-negara Komunis. Mungkin ini banyak dihindari oleh media mainstream internasional seperti 'Life' misalnya yang secara politis bernaung pada Amerika, juga oleh penguasa OrBa yang sangat alergi dengan segala sesuatu yang berbau 'kiri'.

Walau tidak melulu berobjek utama Soekarno, foto-foto ini bisa menjadi catatan sisi lain dari kehidupan wartawan / fotografer di era pemerintahan Soekarno.

80 foto :
Zold - SL3

No comments:

Post a Comment