Home

10 Juli 2017

MAJALAH DJAWA BAROE # 1




































6 MAJALAH PROPAGANDA DJAWA BAROE
Terbitan Djawa Sjinboen Sja, Djakarta
No. 15, 16, 18, 20, 22, 24 tahun 2603 ( 1943 )
26 cm x 20,5 cm
34 halaman
Kondisi seperti tercantum dalam foto masing-masing majalah

Majalah yang menjadi salah satu koleksi wajib / icon bagi para kolektor buku dan majalah Indonesia.
Diminati karena berposisi sebagai alat propaganda, kelangkaannya karena masa edar yang singkat dan juga ke 'indahan' / kualitas cetakannya yang lebih baik dari majalah umumnya di-era yang sama.

Sebagian besar foto dan iklan pada majalah ini dicetak menggunakan tehnik rotogravure , sebuah sistim cetak yang umumnya ditemui pada kartu pos atau selebaran poster / label. Tidak semua majalah jaman dahulu sanggup membiayai tehnik cetak ini karena tingginya biaya membuat master silinder cetakannya, Hanya majalah ber-oplah besar yang bisa mengadopsinya karena nilai ekonomis baru tercapai jika mencetak dalam jumlah yang sangat banyak.

Jumlah edar majalah ini tentulah tidak banyak untuk sampai pada taraf masif seperti majalah internasional 'Life' misalnya. Tapi ini tidak menghalangi niat Jepang untuk menunjukkan keunggulannya dalam segala hal termasuk kualitas cetakan majalah propagandanya. Ditambah dengan fakta sejarah Jepang adalah bangsa yang unggul dalam hal cetak mencetak sejak jaman dahulu. Maka cetakan rotogravure majalah ini dibuat dengan mengesampingkan perhitungan ekonomis pada umumnya majalah.

Sampul Djawa Baroe dan sebagian besar halaman yang ber-foto menggunakan rotogravure print dengan kertas khusus, sebagian lainnya dengan cetak offset biasa dengan kertas buram.
Rotogravure umumnya dicetak dalam warna hitam, kebiruan atau sepia / coklat.
Kualitas kehalusan gradasi dan dimensinya sangat baik, ibarat melihat cetakan postcard kuno dalam bentuk majalah dan berukuran besar, jika direproduksi / scan resolusi tinggi dapat diperbesar hingga puluhan kali tampa pecah berbutir seperti umumnya pixel pada cetakan offset.

6 majalah:
Zold - Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar