Home

March 24, 2017

DIPLOMA MODE VAKSCHOOL BATAVIA







IJAZAH SEKOLAH MENJAHIT / FASHION
Offset print diatas kertas karton
Keluaran sekolah fashion POEY
1951, Batavia, Indonesia
Ukuran kertas 42,5 cm x 48 cm. Ukuran gambar 32 x 38 cm
Benda terpakai yang ada noda, bekas lipatan, lecet dan sobek sedikit-sedikit

Ijazah / diploma yang berbentuk dan berukuran mirip seperti poster, agar dapat dipajang / dipamerkan di toko / ruang praktek oleh lulusannya. Memberikan prestise sipemilik sekaligus promosi lembaga sekolahnya. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Sekolah POEY ini menyatakan mereka berafiliasi dengan Mode Academie Prof. H. Cuppens Geurs, sebuah akademi yang berhubungan dengan fashion seperti merancang dan menjahit pakaian, yang sudah ada sejak 1928 di negeri Holland.

Pada masa awal kemerdekaan, sisa pengaruh kolonial masih terasa kuat, tidak seketika berubah total, butuh waktu proses transisi.
Terlihat pada ijazah masih menggunakan bahasa dan staf orang Belanda ( pemilik lembaga kemungkinan Cina Peranakan ), segel masih dalam mata uang Gulden dan perubahan nama Batavia ke Djakarta terjadi dalam lembar kertas ini.

Benda seperti ini adalah unik, bisa dikatakan langka, karena selain medianya yang rentan dari kerusakan juga sifat per'untuk'kannya yang lebih terbatas. Hal berbeda dengan cetakan yang bersifat komersial, karena untuk kalangan umum / publik luas, dalam segi kuantitas tentu cenderung lebih massal / banyak.

1 kertas ijazah jelek ini :
Rp 400.000 ,- IDR

No comments:

Post a Comment