Home

November 9, 2016

CZECH GLASS CHARMS















2 BUAH LIONTIN KACA 'KRISTAL'
Kaca dan logam baja / kuningan
1920 - 1930, Bohemia / Cekoslovakia
Salah satu tertulis ' Made In Czecho - Slovakia '
Kelinci : 2,6 cm x 1,3 cm x 1,5 cm
Babi : 1,8 cm x 1,3 cm x 2,2 cm
Mata kaca sudah tidak ada, kondisi relatif masih baik

Benda kecil unik ini dipergunakan sebagai liontin kalung atau hiasan gelang tangan, kadang dianggap sebagai hiasan 'jimat' / lucky charm .
Di kenal juga sebagai ' Cracker Jack charm ' karena dahulu benda ini sering di masukkan ke dalam bungkus makanan ringan / snack sebagai hadiah, sebuah kebiasaan sejak jaman Victorian di Inggris dan Amerika.
Fungsi lainnya, dia kerap digantungkan sebagai hiasan pada tutup botol kristal parfum buatan Bohemia.

Salah satu kelemahan benda ini terletak pada kaca bola matanya, karena perekat cenderung sudah rapuh setelah berumur hampir 100 tahun, kebanyakan bola mata benda ini di gantikan dengan batu / kaca baru di toko perhiasan jika ingin melengkapinya. Begitu juga kalung leher logamnya, sering di jumpai rusak / hilang karena pemakaian atau termakan usia.

Sedangkan kaca 'kristal'nya relatif lebih kuat, karena terbuat dari cetakan padat solid. Selain ukurannya yang kecil ringan, kualitas kaca yang baik, benda ini ' kemungkinan' dapat bertahan utuh walau tak sengaja jatuh ke lantai dengan ketinggian sekitar 1 meter.
Cetakan padat tumpul ini juga membuatnya aman di pergunakan sebagai kalung atau gelang tangan.

Secara umum, liontin Bohemia berbentuk binatang ini terbagi dalam 3 jenis menurut kelangkaannya. Yang pertama berwujud anjing dan kucing, ini adalah bentuk yang relatif paling sering di jumpai.
Ke 2, berwujud kelinci, monyet, babi, bebek, burung hantu, beruang dan kodok. Jenis ke 3 adalah yang paling sulit / jarang sekali di temukan, berbentuk burung beo, penguin dan singa.

Selain menurut jenis kelangkaan binatangnya, kristal ini juga di nilai menurut keindahan warna dan kehalusan pembuatannya. Walau mempunyai tema binatang yang sama ( babi misalnya ), belum tentu bentuk dan kualitas pembuatannya identik. Biasanya selalu ada sedikit-sedikit perbedaan, baik wujud fisik atau kehalusannya. Hal ini terjadi karena benda-benda seperti ini dibuat secara manual oleh ratusan industri rumah tangga yang berbeda-beda di Bohemia. Ratusan pembuat ini tentunya mempunyai standarisasi kualitas dan tehnik yang berbeda satu sama lain.

2 ekor binatang ini :
Zold - Banjarnegara