Home

April 17, 2014

ART DECO NUDE TABLE LAMP














LAMPU PERUNGGU ART DECO
Patung  terbuat dari perunggu gilding perak / silvered bronze, kaca kristal susu pada kap lampu dan kuningan gilding perak pada mangkok penjepit kap.
1920 an, Eropa, Prancis.
Tinggi total 34 cm, ukuran base patung 10,3 cm x 9,3 cm, diameter kap kaca kristal 22 cm.
Kondisi masih sangat baik, gilding hanya ada sedikit tanda pemakaian, karena gild bahan dasar perunggu sering kali jauh lebih kuat dibandingkan dengan bahan dasar seng sari atau spelter. Patina dibiarkan apa adanya, dapat di bersihkan menjadi silver mengkilap, tapi itu tidak akan dilakukan selama benda ini masih milik kami.
Kap juga masih utuh, hanya pada ujung bagian yang masuk wadah penjepit ada grimpil sangat tipis.
Kabel masih originalnya, walaupun sudah lama tapi keamanannya terjamin. Pada ujungnya ada penambahan saklar on / of dan sedikit kabel dari era yang sama,

Lampu ataupun patung Eropa dengan gaya Art Deco mempunyai penggemarnya tersendiri, sama seperti penggemar Art Nouveau, biasanya keduanya saling berkaitan. Tapi dengan cirinya masing-masing perbedaannya sangat terlihat pada gaya rambut, finishing materiar, bentuk base dan corak kap lampunya. Secara umum dapat dikatakan Art Nouveau cenderung lebih ribet dengan bentuknya yang mengalir luwes, sedangkan Art Deco lebih simpel dan struktural konstruktif.
Kap lampu yang seperti ini biasanya ada diantara peralihan Art Nouveau ke Art Deco, belum geometrik full seperti pada penghujung tahun 1930an. Ini adalah kap lampu aslinya, bawaan dari awal, motifnya yang repetisi sepintas seperti print pola / stensil, sebenarnya adalah lukis tangan langsung, baru terlihat perbedaan satu sama lainnya setelah dicermati.
Zold-Surabaya