Home

19 Maret 2015

PETRUS REGOUT SPHINX BOERENBONT BOWL












MANGKOK BESAR PETRUS REGOUT & Co, MAASTRICHT II
Tembikar keramik lukis tangan.
Marking tekan / impressed logo Sphinx dan No.seri.
Akhir abad 19, Maastricht, Belanda.
Diameter 33,6 cm, tinggi 8 cm.
Kondisi relatif baik, ada retak seribu dan flex di bawah glasir. Ada satu chip kecil se'upil' glasir yang lepas.

Semua piring keluaran pabrik keramik Belanda dengan motif dan warna seperti ini di kenal sebagai piring boerenbont, sepintas wujudnya mirip dengan piring spongeware atau stick spatterware dari Inggris, Scotlandia, Belgia atau Jerman. Karena pada awalnya motif dan gaya seperti ini tercipta oleh pabrikan Belanda ( terutama P. Regout di pertengahan abad 19 ) dari hasil meniru gaya keramik spongeware pabrikan Inggris dan Scotlandia yang sangat populer di awal abad 19.
Pada perkembangan selanjutnya keramik pabrikan Belanda menemukan jati diri dan gayanya tersendiri, sehingga lebih dikenal dengan istilah keramik boerenbond, dengan perbedaan yang sangat tipis dengan keramik spongeware. lebih ke pemakaian istilah masing-masing negara. Kalau kita malah lebih mudah, semua kita 'hajar' dengan satu nama, piring "kangkung".

Keramik boerenbont tua banyak beredar terbatas di Asia Tenggara, baik keluaran P. Regout Sphinx atau Societe Ceramique, kelangkaannya tidak kalah dengan keramik spongeware. Di tahun 1920an juga ada keramik imitasi boerenbond buatan pabrikan Jepang, termasuk sudah layak di koleksi untuk menambah variasi.

Di Belanda motif seperti ini tetap di produksi sampai sekarang, di Indonesia piring 'kangkung' besar imitasi buatan Cina (?) juga sudah banyak beredar, lengkap dengan marking P. Regout di pantatnya, tapi untunglah, lumayan keliatan palsunya.
Zold - Makassar