Home

19 Maret 2015

BRITISH POTTERY SPONGEWARE PLATE











PIRING KANGKUNG MOTIF BUNGA TUMPUK
Keramik lukis dan cap di bawah glasir.
1860 - 1890, Scotlandia atau Inggris.
Diameter 24,7 cm, tinggi 2,8 cm.
Kondisi relatif baik, ada retak halus tak tembus pada pantat piring.

Keramik 'kangkung'' buatan Inggris dan Skotlandia di kenal sebagai pelopor awal piring tipe spongeware di Eropa. Usianya kadang jauh lebih tua dari keramik serupa buatan negara lain.
Tipe keramik yang di peruntukkan untuk rakyat umum kelas bawah ini kini di akui sebagai seni folk art-nya orang Eropa dan Amerika. Motifnya bermacam-macam, berbeda-beda karakter sesuai negara pembuatnya, kalau buatan pabrikan Belanda cenderung mengacu pada motif tradisi boerenbond.

Keramik 'kangkung' buatan Scotlandia biasanya banyak yang tampa marking, karena pengerjaan motifnya sering dikerjakan di rumah oleh ibu-ibu rumah tangga. Setelah selesai semua baru di kumpulkan di pabrik untuk pembakaran tahap berikutnya.
Pembuatan motif sangat manual dan sederhana, ada motifnya dilukis secara langsung atau motif yang di 'cap' dengan semacam 'stempel' busa. Dan yang paling sering adalah penggabungan dari ke-dua teknis itu seperti piring di atas. Warna hijau adalah lukis langsung, sedangkan warna merah, biru, ungu dan hitam adalah hasil 'cap' dari stempel busa.

Piring ini sangat tidak 'sempurna', ada banyak 'kesalahan' di dalam-nya, warna yg seperti luntur, cap motif yang tidak tercetak seluruhnya dan pembagian bidang motif yang tidak center. Tapi justru ini yang membuat sisi manusiawi dan unsur 'low-tech"-nya sangat terasa, sehingga dapat di pahami kenapa keramik tipe ini dianggap sebagai 'folk art'nya orang Eropa.
Seni keseharian yang berlaku di rakyak kebanyakan yang lebih mengutamakan esensi kebutuhan dibanding kesempurnaan.

Zold - Canberra