Home

11 Desember 2015

DISPLAY GLASS JAR "SWEET MAY" TOILET SOAP









Toples display sabun "Sweet May".
Kaca bergrafir pada tutup, dan tulisan semprot sandblast pada badan toples.
Perkiraan dibawah tahun 1910, produksi Hodgson & Simpson, Wakefield, England.
Tinggi tampa tutup 23,2cm diameter 17,6cm. Tinggi dengan tutup 30,5cm diameter 19,6cm.
Kondisi relatif baik, ada beberapa cuil dan gelembung pembuatan

"Sweet May" yang aslinya milik Hodgson & Simpson ( 1830 - 1910 ) tapi kemudian perusahaan itu diambil alih pada 1899 oleh Lever Brother ( Unilever ), perusahaan yang memiliki banyak produk seperti Sunlight, Lux, Lifebuoy dll.
Toples yang dulunya dipakai untuk memajang produk sabun mandi Sweet May di toko ini mempunyai beberapa variasi, baik ukuran maupun cara penulisan / dekorasi tipografinya, berwarna dan tidak.
Lumayan sulit menemukan toples produk ini dalam kondisi terbaiknya, ada saja kekurangannya, terutama pada toples dengan tipografi 'Sweet May' berwarna orange, kerap memudar atau hilang tulisannya (rentan karena dari print cat bakar). Selain itu juga karena kelangkaan-nya, tampaknya toples dengan bahasa Belanda seperti ini hanya dipasarkan diwilayah Hindia Belanda saja.

Tulisan pada badan toples yang terbuat dari tehnik sandblast sebenarnya rentan terhadap pemalsuan / rekayasa, karena sampai detik ini kita masih dapat memesan penyemprotan dengan debu / pasir kaca yang biasa disebut sandblast ke toko kaca tertentu. Perbedaannya lumayan sulit dilihat, apalagi hanya lewat foto. Hanya terdeteksi lebih akurat kalau dilihat dengan kaca pembesar, ada perbedaan besar butiran, yang original biasanya lebih halus / kecil butirannya dan terlihat juga tanda-tanda erosi. Adalah mudah dengan tehnik ini membuat bermacam-macam merk produk dan desain pada toples polos lawasan, apalagi pada kaca yang rata. Kecermatan, sensitifitas, logika dan pengetahuan produk dapat menghindarkan kita dari '' tembakan''. Tapi seperti biasa, sepandai-pandainya tupai melompat akan dimakan 'ular' juga.
Lodong produk sabun yang diyakini orisinilitasnya :
Rp 1.550.000,-