Home

18 Februari 2015

JAPANESE TRANSFERWARE TEZUKA KINSEI





PIRING JEPANG MOTIF EROPA
Keramik transferprint biru di bawah glasir.
Marking stamp 'Tezuka Kinsei" Tokuyama dan marking tekan 'Yamatoku".
1910 - 1930, Arita, Jepang.
Diameter 31 cm, tinggi 4 cm.
Kondisi relatif masih baik dan utuh.

Motif piring ini lumayan unik, selain kincir angin dan rumah Eropa, terdapat juga gambar pesawat terbang baling - baling generasi awal, bentuknya lucu karena arah perspektifnya yang naif. Terjadi mungkin karena wujud pesawat masih sangat sedikit referensi image-nya ketika itu. Bentuk pesawat seperti ini biasanya lebih awal di bandingkan pesawat - pesawat tempur perang dunia pertama ( 1914 - 1918 ).

2 marking yang berbeda dalam satu keramik adalah hal yang lumrah untuk keramik Yamatoku, karena Yamatoku adalah pusat tungku pembakaran keramik berkualitas di Saga, sedangkan Tezuka Kinsei  kemungkinan adalah studio yang mendisain pola gambar pada keramik Jepang di daerah Tokuyama, Yamaguchi, sehingga kolaborasi antara keduanya adalah wajar.
Tidak semua disain Tezuka dibakar / dibuat di Yamatoku, begitu juga sebaliknya, kebanyakan keramik - keramik Yamatoku tidak menyandang nama Tezuka Kinsei.
Marking Tezuka Kinsei biasanya berupa cap berwarna biru untuk keramik biru putihnya dan berwarna merah untuk produk keramik polychrome Imari-nya.
Zold - Batam