Home

22 April 2018

COMIC BOOK ' TJI JUEN ' 《屈原》/刘旦宅,绘画/连环画











KOMIK PEKING ' TJI JUEN '
Terbitan Pustaka Bahasa Asing, Peking, Cina untuk Indonesia
Penyusun : Tung Tje Wei
Lukisan : Liu Tan Tjai (Liu DanZhai)
Cetakan pertama 1957
18 cm x 13 cm
103 halaman - Tamat
Ada noda & lecet sedikit-sedikit, relatif masih sangat baik

Komik saduran dari  kisah sejarah negeri Cina, mengenai Tji Juen atau yang lebih dikenal dengan nama Qu Yuan 屈原 (340 SM - 278 SM), seorang pujangga besar dan diplomat ulung yang menjabat sebagai Menteri di negara Chu 楚 pada periode Negara Peperangan / Warring States 戰國時代 (475 SM - 221 SM).

Rasa patriotis dan pengorbanannya untuk negara ketika menenggelamkan diri di sungai Mi Lou pada tanggal 5 bulan 5 penanggalan Cina / Imlek diperingati / dirayakan hingga kini oleh seluruh etnis Cina diseluruh dunia. Perayaan yang dikenal sebagai Festifal Perahu Naga yang bertepatan dengan hari suci Duan Wu, disebut juga sebagai perayaan Peh Cun, ketika perahu-perahu di dayungkan ketengah sungai dan kue-kue Bacang dibuat dan ditaburkan, mengenang seorang patriot yang pernah hidup lebih dari 2100 tahun yang lalu.

Komik Tji Juen ini dilukis oleh salah satu seniman dan maestro pelukis komik Cina terkemuka Liu DanZhai 家刘旦宅 (1931 - 2011) yang terkenal dengan lukisan gaya Cina klasiknya. Karyanya dianggap karya klasik dan berpengaruh di Cina.

Zold - Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar