Home

28 Februari 2018

HERMANN HEYE GLASS STORAGE JAR














TOPLES BIRU HERMANN HEYE HAMBURG
Kaca beling warna biru dengan motif etsa / acid etching
Marking 'Herm. Heye'
1900 - 1940an, Hamburg, Jerman
Diameter sekitar 10,5 cm, tinggi total 16 cm
Ada cacat pembuatan lapisan yang tidak merata pada tutup toples bagian dalam, ada gelembung udara dan 1 'hairline' kecil juga pada bibir dalam tutup, relatif masih sangat baik.

Perusahaan kaca / beling Herman Heye (Hermann Heye Glassfabrik) secara resmi beroperasi sejak tahun 1843 di Obernkirchen, Jerman. Jenis produksi benda belingnya bermacam-macam, untuk kita di Indonesia cenderung menjumpainya dalam bentuk toples dan botol decanter.

Selain warna bening, produk Hermann Heye menonjol pada warna biru & hijau, selain bentuknya ada yang bertekstur timbul pada jenis botol decanter, toples berwarnanya cenderung bermotif, baik dilukis enamel atau di etsa.
Proses etsa pada benda beling biasanya dilakukan dengan cara 'melukai' permukaan kaca bening menggunakan cairan kimia sehingga terbentuk motif / pattern yang di-inginkan.
Tidak seperti motif yang dilukis dengan cat enamel 'bakar' yang dapat lepas / aus hilang termakan usia, motif etsa 'acid' dapat bertahan hampir selamanya diatas permukaan kaca.

1 toples :
Zold - Makassar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar