Home

22 April 2016

SOLINGEN ROSTFREI CARVING FORK








GARPU SAJI SOLINGEN
Logam stainless pada paruh atas dan 'silverplate' pada bagian gagang
1930 - 1940an, Solingen, Jerman
Marking ' Rostfrei ' dan angka 90
25,3 cm x 2,2cm
Benda terpakai yang masih baik

Walau tampa marking nama perusahaan, benda sejenis dengan marking ' rostfrei ' adalah identik dengan produk dari kota Solimgen di Jerman.
Rostfrei dalam bahasa Jerman berarti ' bebas dari karat ' dengan kata lain logam stainless. Jerman terutama di Solingen menjadi pelopor dalam pembuatan benda dari logam baru ' stainless' pada awal abad 20.

Marking angka 90 adalah standart marking untuk logam yang mengandung lapisan perak / silverplate pada produk Jerman, aturan yang kemudian juga diikuti oleh beberapa negara lainnya di Eropa.

Angka 90 ini berarti mengandung lapisan perak murni seberat 90 gram yang terbagi pada sejumlah benda. Untuk benda alat dapur seperti sendok, garpu dan lain-lain biasanya terbagi dalam 2 lusin atau 24 buah.
Jadi garpu saji ini mengandung lapisan perak 90 gram dibagi 24 buah = 3,75 gram. Cukup tebal lapisan perak 3,75 gram kalau hanya untuk gagangnya saja, tidak akan terkikis peraknya untuk puluhan bahkan ratusan tahun dalam pemakaian yang normal. Kadang ketebalan lapisan ini membuat kita salah duga, menyangka kalau dia terbuat dari full perak solid.

Zold - Jogja