Home

July 1, 2016

KOMIK VINTAGE ' PERJALANAN KE MARS '








3 KOMIK 'PERJALANAN KE MARS'
Karya Jack Thomas Scheers
Terbitan Toko ' MELODIE ', Bandung, Indonesia
Cetakan pertama, 1954
14cm x 20,4cm, Jilid 1 & 2 (42 halaman), jilid 3 (38 halaman)
No. 1 sampai 3, tamat
Buku terpakai, ada noda, lecet sedikit-sedikit
Staples sudah rapuh, sampul belakang buku jilid 2 ada grepes dan lubang
Kondisi relatif masih baik

Komik ' Perjalanan Ke Mars' termasuk salah satu komik genre antariksa atau 'Science Fiction' pertama di Indonesia ( Roxar bepenampilan lebih ke genre superhero) . Walau menggunakan nama pengarang seperti orang Barat, diyakini komik ini adalah komik kreasi Indonesia.

Beberapa hal menjadi alasannya, diantaranya :
# Penerbitan komik ini dikelompokkan bersama dalam penerbitan komik karya asli 'lokal' oleh penerbit Melodie, juga bukan kebiasaan penerbit ini untuk menerjermahkan karya 'luar' / saduran.

# Tidak ditemukannya data lain tentang tokoh utama komik ini, Stan Horden dan pengarang Jack Thomas Scheers dalam wacana komik luar negeri ( yang biasanya lengkap )

# Secara bentuk visual dan jalinan cerita, harus diakui bahwa komik ini mempunyai perbedaan dengan standarisasi komik Barat, maaf. Apalagi untuk sebuah komik yang harusnya sangat terkenal secara internasional untuk mau di terjemahkan / sadur oleh penerbit lain.

# Sebelum penerbitan komik ini, adanya upaya pengenalan sang tokoh Stan Horden kedalam komik lokal Indonesia, tercatat dalam 1 adegan di komik Nina gadis Rimba bagian Kapten Kilat.
Dengan adanya prediksi tersebut, komik ini menjadi sangaat 'unik' dalam bagian sejarah perjalanan komik Indonesia.

Ke 3 komik ini :
Zold - Jakarta