Home

18 Juli 2014

NIPPON MORIAGE FLOWER PLATE







PIRING JEPANG "NIPPON" MORIAGE
Porselen dengan tekstur warna
1891 - 1921, Jepang
18,3 cm x 2,5 cm
Benda terpakai, ada retak rambut / hairline dibagian belakang, tidak tembus. Beberapa cuil pada tekstur pewarna, terutama pada bagian bekas kait ''kawat penggantung''.

Keramik jenis ''Nippon'' moriage termasuk salah satu jenis keramik Jepang yang di minati untuk dikoleksi. Masa edarnya cukup singkat, hanya sekitar 30 tahun. Markingnya biasa hanya dalam huruf kanji Jepang atau tampa marking sama sekali, karena marking sebelumnya bisa saja hanya dari kertas dan sudah lepas karena usia.
Salah satu ciri utama "Nippon" porselen adalah tema-nya, semua cenderung sangat ke 'Eropa-eropaan', karena memang dibuat untuk eksport ke Amerika dan Eropa. Mengadopsi dan meniru benda - benda yang populer di Eropa pada saat itu, seperti benda gaya Art Nouveau, Gouda, Wedgwood, atau Limoges seperti piring di atas. Kesemua style tadi dikerjakan dengan tekhnik moriage asli Jepang.

Kalau kita mengamat-amati porselen keramik "Nippon", ada sesuatu yang ''unik'', bendanya sepintas mempunyai fisik yang sangat Eropa, tetapi detailnya terasa tetap ber-bau Asia, mirip seperti anak bule Indo.
Karena dibuat untuk pangsa pasar Amerika dan Eropa, memang jumlahnya tidak banyak di Indonesia, tapi tetap ada dan beredar di sini, untuk kalangan Eropa di jaman Belanda tentunya.
Zold - Batam