Home

July 16, 2018

KOMIK DAGELAN PETRUK GARENG INDRI S.












KOMIK DAGELAN PETRUK GARENG EDISI PILIHAN B
Karya Indri Soedono
Terbitan C.V. Loka Tjipta, Semarang
Edisi bundel penerbit 1960an
16 cm x 20,7 cm
96 halaman - Tamat
Ada sobek yang ditambal gambar scan pada cover kiri bawah
Ada geripis pada pinggir cover
Ada noda, cuil. geripis & sobek sedikit-sedikit, relatif masih lumayan baik

Komik Petruk Gareng yang terbaik selalu identik dengan nama Indri Soedono, komikus yang paling awal mempopulerkan tokoh Punakawan itu dalam bentuk komik sebagai lelucon dikehidupan modern sehari-hari.
Dua karya Indri dengan tema ini yang paling dikenal adalah seri Dagelan Petruk Gareng dan seri Keluarga Miring.

Untuk seri Dagelan Petruk Gareng sendiri memiliki beberapa versi jika dilihat dari periode penerbitan dan format ukuran / edisi.
Periode paling awal pertama kali diterbitkan oleh Toko Buku Liong, Semarang sekitar tahun 1950an awal (perkiraan 1953 / 1954) dengan format ukuran lebar sekitar 16 cm x 21 cm berjumlah 20an - 30an halaman, nomor buku menggunakan angka Latin.
Toko Buku Liong adalah penerbit yang melahirkan komik-komik monumental seperti Wiro Si Anak Rimba (Kwik Ing Hoo), Sih Djin Koei (Kam Seng Kioe & Be Thong Ling) atau Dagelan Hardjo Tingtong (Indri Soedono).

Versi berikutnya adalah yang diterbitkan oleh C.V. Loka Tjipta pada tahun 1960an dengan beberapa versi ukuran. Dalam penerbitan 'normal'nya memiliki 2 ukuran komik, ukuran komik standart 13 cm x 18 cm dan ukuran lebih kecil 11 cm x 14,5 cm.
Begitu juga dalam nomor spesialnya terdapat ukuran lebar (seperti komik diatas) dan ukuran komik 13 x 18 cm. Semua versi edisi spesial / pilihan mempunyai jumlah halaman yang lebih banyak dari edisi normal 32 halaman.

1 komik edisi pilihan B :
Zold - Lubuk Linggau

3 comments: